Minggu, 08 Januari 2012

benarkah negara ini sudah merdeka?

Benarkah Indonesia Sudah Merdeka???



Sudah 65 tahun bangsa Indonesia merdeka, tapi apakah benar-benar sudah merdeka dalam kehidupan sesungguhnya???. Tiap 17 Agustus kita selalu memperingatkannya, dengan melakukan upacara bendera dan menyanyikan lagu wajib yang harus dinyanyikan saat “Perayaan Kemerdekaan” tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan perlombaan-perlombaan yang diadakan sesuai memperingati kemerdekaan tersebut. Apakah hanya sekedar itu dapat dinyatakan bahwa bangsa ini sudah Merdeka??. 65 tahun yang lalu, saat pertama kali Kemerdekaan dikumandangkan dengan pembacaan “Proklamasi Kemerdekaan” oleh Presiden RI yang pertama, Ir. Soekarno., hanyalah sebuah pernyataan bahwa bangsa kita telah merdeka dari penjajahan Belanda selama kurang lebih 350 tahun. Perjuangan yang tak henti-hentinya untuk merebut kembali Tanah Air Kita.
Namun, apakah sesungguhnya arti dari kata “Merdeka“???. Jika dilihat di Wikipedia, dialihkan dari kata “merdeka“:
Kemerdekaan adalah:
·         (kata benda) saat di mana sebuah negara meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya.
·         (kata benda) saat di mana seseorang mendapatkan hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa campur tangan orang lain dan atau tidak bergantung pada orang lain lagi.
Sinonimnya ialah ‘kebebasan‘.
Untuk pengertian pertama, dimana sebuah negara meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya, kita sudah mendapatkannya dari 65 tahun yang lalu. Tapi,,, untuk pengertian yang kedua, Adakah semua orang sudah mendapatkan haknya??? sudah dapat mengendalikan dirinya sendiri tanpa campur tangan orang lain??? dan atau tidak bergantung kepada orang lain lagi?? termasuk Anda??? Atau dengan kata lain,, Apakah kita sudah bebas???
Mungkin saya, Anda ataupun orang-orang yang memiliki kemampuan, pendirian, dan jalur hidup yang jelas, dapat dikatakan sudah merdeka. Tapi, coba kita liat disekitar kita, disekeliling kita dimana banyak sekali masyarakat kita yang terjebak dalam lingkup kemiskinan, kebodohan. Adakah diantara itu semua, mereka sudah mendapatkan kemerdekaan?? atau sudah mendapatkan kebebasan?? kemerdekaan untuk mendapatkan penghidupan dan pekerjaan yang layak, kebebasan untuk mendapatkan pendidikan.. tapi nyatanya belum.. mereka belum sama sekali merdeka.
Inilah 2 hal yang harus perangi oleh kita sebagai generasi penerus bangsa. Memerdekan mereka dari kemiskinan dan kebodohan. Namun, hal itu tidak akan berhasil jika hanya segilintiran orang yang melakukan itu. Marilah kita bersama-sama bergerak, bersama-sama bersatu untuk memerangi 2 hal tersebut untuk mendapatkan kemerdekaan bagi mereka dan bagi kita sendiri. Karena bangsa yang maju adalah bangsa yang dapat mengalahkan semua jenis penjajahan dan dapat memakmurkan bangsanya sendiri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar